Tuesday, September 17, 2013

Ugly Fonts di External Display Non-Apple

- Tuesday, September 17, 2013

Cara Mengatasi Ugly Fonts di External Display Non-Apple

Mungkin Anda pernah mengalami masalah di perangkat display Mac, sehingga mengharuskan untuk menyambungkannya ke external display yang bukan keluaran Apple? Kurang lebih itulah jalan yang bisa ditempuh selain membawanya ke Service Center.

Berdasarkan pengalaman seorang rekan pengguna Mac Pro; ketika itu karena suatu sebab tiba-tiba display Apple-nya tidak bisa digunakan sehingga ia terpaksa membeli perangkat display baru yang kebetulan bermerk "Sams*ng SyncMaster 733NW".

Namun, masalah belum selesai sampai disitu. Saat pertama menyambungkan display baru tersebut ke Mac, ternyata ia menjumpai bahwa terdapat perbedaan yang nampak jelas terlihat di layar bahwa tampilan fonts tidak seperti biasanya; agak kabur, tidak tajam sehingga mirip seperti tampilan monitor di sistem operasi Windows ketika VGA Driver belum terinstall atau pengaturan Clear Type yang kurang sesuai.

Apple fonts smoothing problem antialiasing
Ilustrasi; Ugly Fonts di External Display non-Apple
Kondisi seperti itulah yang lazim disebut sebagai Ugly Fonts; dimana font antialiasing tidak tersetting dengan benar sehingga tampilan yang muncul tidak seperti yang diharapkan pengguna Mac pada umumnya.

Nah sobat badruzeus; berikut penulis mencoba mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan aplikasi khas UNIX yang tentunya terdapat di Mac yaitu Terminal.

  • Pertama, kita jalankan aplikasi Terminal  yang terdapat di folder /Applications/Utilities. Atau melalui LaunchPAD untuk pengguna Mac OS X Lion 10.7.x keatas.
  • Kemudian, masukkan perintah berikut ini dan tekan Return ( Enter ) :

  • Lanjutkan dengan me-Log out sistem Mac, kemudian Log in kembali untuk melihat perubahannya.

Apakah hasilnya memuaskan? Jika tidak, maka jalankan lagi Terminal dan masukkan perintah di bawah ini untuk mengembalikannya seperti semula
(diikuti dengan Log out kemudian Log in sistem) :


Demikian tutorial singkat mengenai Cara Mengatasi Ugly Fonts di External Display Non-Apple. Semoga bermanfaat.
Share Artikel ini :

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Ekspresikan pendapat Anda melalui kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran juga sangat berharga demi kemajuan blog ini. And please no spam!