Tuesday, August 27, 2013

Cara Mengatur Ikon di Preference Pane Mac

1 comments

Cara Mengatur Ikon di Preference Pane Mac


Jika sistem operasi Windows punya konfigurasi sistem bernama Control Panel, maka di Mac fitur ini disebut Preference Pane yang berisikan pengaturan Displays, DockMission Control, Sounds, Software Update, Startup Disk dan lain sebagainya.

Secara Default, Preference Pane menampilkan seluruh ikon yang diperlukan pengguna untuk melakukan konfigurasi terhadap sistemnya.

Customize Mac's Preference Pane Icons
Mengatur Ikon di Preference Pane Mac

Mulai dari versi 10.7 (Lion), Anda dapat mengatur ikon apa saja yang muncul di tampilan utama System Preference (yang muncul pada pilihan Show All). Ini berguna jika Anda ingin menampilkan ikon mana saja yang sering diakses, dan mana yang tidak.

Untuk menggunakan fitur ini, terlebih dahulu buka System Preference > View > Customize. Akan muncul tanda Centang (Check List) pada setiap ikon di panel. Hilangkan tanda Centang jika ingin menyembunyikan. Akhiri dengan menekan > Done.

Fitur ini hanya menyembunyikan ikon dari tampilan utama System Preference, bukan menghilangkan secara permanen. Anda dapat menampilkannya kembali bila diperlukan dari menu yang sama.

Nah, mudah bukan? Semoga tutorial tentang Cara Mengatur Ikon di Preference Pane Mac ini bermanfaat.
Selengkapnya

Tuesday, August 20, 2013

Mengenal Adobe Illustrator

0 comments

Mengenal Adobe Illustrator

Di sistem operasi Windows kita lebih sering menggunakan aplikasi CorelDRAW untuk urusan desain vektor. Illustrator adalah aplikasi serupa khas Adobe yang menawarkan fitur tak kalah menarik dan lengkap, atau bahkan lebih powerfull dalam urusan desain grafis vektor. Terutama, apabila sebelumnya kita telah mengenal dasar-dasar Photoshop.

An Introduction to Illustrator CC
Original image by freerangestock.com

"Adobe Illustrator adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Adobe Illustrator pertama kali dikembangkan oleh Adobe Inc pada bulan Desember 1986, dan mulai dipasarkan pada tahun 1987 sebagai pendamping aplikasi Photoshop." (id/wiki)

Baiklah sobat badruzeus, sebelum mendalami desain vektor menggunakan Illustrator, ada baiknya kita mengenal area kerja dari aplikasi ini terlebih dahulu.

Illustrator's Work Area
Tampilan utama aplikasi Adobe Illustrator
(Klik gambar untuk Memperbesar)

Area kerja dari aplikasi Illustrator pada dasarnya terdiri atas beberapa komponen *) antara lain:
  1. Menu Bar : Berupa barisan yang berisi kontrol untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, menyimpan file, ekspor dan sebagainya sesuai dengan menu yang ditampilkan.
  2. Artboarts : Adalah area persegi empat yang merupakan tempat untuk membuat dan mengerjakan obyek.
  3. Tool Box : Berisi menu untuk membuat atau menggambar bentuk, memberi pewarnaan, dsb.
  4. Color Pallates : Berisi warna-warna yang dipakai dalam pewarnaan objek di dalam Adobe Illustrator.
  5. Objek Properties : Berisi tentang informasi objek antara lain koordinat objek, rotation, fill, stroke, width, height, dsb.
  6. Layer Properties : Berisi layer-layer dimana objek berada (sama seperti di Potoshop).
  7. Status Bar :  Baris yang menampilkan informasi objek yang sedang dikerjakan, jumlah halaman, dsb.
  8. Scroll Bar : Penggulung area kerja ke kiri-kanan atau atas-bawah.
*) Komponen lainnya dapat diakses dengan mudah melalui menu Window.

Fungsi Tools pada aplikasi Illustrator akan kita bahas pada posting berikutnya.
Selengkapnya

Tuesday, August 13, 2013

Sejarah CorelDRAW

3 comments

Sejarah CorelDRAW

Apa kabar sobat badruzeus? Pada posting pertama kali ini, saya akan sedikit mengupas mengenai sejarah aplikasi pengolah desain vector yang cukup populer di dunia, yaitu; CorelDRAW. Mengapa sejarah? Sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Ir. Soekarno; "JASMERAH" (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah), betul? Yuk, masuk pada topik kita:
History of CorelDRAW
Original image by www.stockvault.net
CorelDRAW adalah software pembuat grafik vector yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X6 atau versi 16 (saat artikel ini dibuat) yang diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2012.

CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987. Corel Corporation mempekerjakan teknisi software bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector yang nantinya disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Awalnya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW versi 1.x dan 2.x yang berjalan pada platform Windows.

CorelDRAW 3.0 dirilis bersamaan dengan Microsoft Windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam True Type pada Windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.


Pendiri CorelDRAW

Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, seni bisa dituangkan dalam bentuk yang bermacam-macam, terutama yang berkaitan dengan grafis. CorelDRAW tentunya sudah tidak asing ditelinga kita saat ini, CorelDRAW adalah software aplikasi pengolah gambar vektor bisa dibilang perangkat lunak untuk membuat gambar vektor, software ini merupakan salah satu produk dari Corel Corporation, perusahaan pembuat perangkat lunak komputer yang didirikan pada tahun 1985 di Ottawa Kanada. CorelDRAW sangat laris dipasaran dan banyak digunakan untuk membuat desain grafis yang bagus, mungkin corel sudah sangat familiar bagi para desainer saat ini. Namun, apakah mereka atau bahkan Anda tahu siapa penemu dari aplikasi tersebut?

Dialah Michael Cowpland yang lahir pada tanggal 23 tahun 1943. Menerima gelar teknik B.Sc dari Imperial College di London. Kemudian pada tahun 1964 pindah ke Kanada dan menyelesaikan pendidikan masternya pada tahun 1968. Ia mendapat gelar Ph.D. dari Universitas Carleton Ottawa pada tahun 1973. Dia adalah salah satu Entrepreneur dari Kanada, businessman, dan pendiri dari Corel.


Dialah cikal bakal yang melakukan Research Laboratory. Perusahaan ini melesat sangat cepat begitu produk CorelDraw muncul di pasaran, dan menjadi perusahaan software terbesar di Kanada.

Jadi, secara terminologi (bahasa) CoReL merupakan akronim dari Cowpland Research Laboratory.
Selengkapnya